Air Hujan Membuat Ikan Koi Anda Akan Mati

PERTANYAAN :
Akhir akhir kan hujan rada deres niih.. kenapa ya kalo saya perhatikan habis hujan ikan koi kok pada teler semua ..malah yg kecil pada mati.. apa yg harus saya lakukan .. apa memang air hujan itu problem.. saya pernah dikasih tahu.. air hujan itu air nya asam .. harus ada pergantian dengan air seger.. dengan cara di kuras separo terus diganti air baru..
Apa menurut bapak bapak .kalo di filter terakhir saya kasih remukkan kerang apa bisa embantu..kalo saya baca baca di forum .. kerang itu berfungsi sebagai . buffer PH apa betul..
Atau karena kolam saya yg terlalu kecil.. total siih sekitar 5 ton.. dengan kedalaman antara 50 - 30 cm.. apa itu penyebabnya..
mohon anjuran dan nasehat
( Kantor240239 )
JAWABAN :
Dear Om yang ikannya lagi sempoyongan... Ini pengalaman saya sekarang,...
Kolam Saya bedara di setengah ruang terbuka, sehingga air hujan bercampur dengan air kolam,
kata orang pintar air hujam itu air asam... Tapi ikan saya tidak pernah mengalami hal demikian...ikan normal, hanya saya cegah keasaman air dengan membuang 1/4 air kolam dengan yg baru setelah itu di beri garam ikan...itu saja yg saya lakukan setiap kali hujan.....
Menurut saya memelihara ikan koi tidak terlalu sulit yang penting kebersihan air di erhatikan
semoga bermanfaat...